Jumat, 25 November 2011

ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU

Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu pengetahuan yang mempelajari masalah - masalah sosial yang timbul dan berkembang yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian- pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu sosial. Sehingga dengan demikian ISD bukan merupakan pengetahuan terapan yang berdasarkan ilmu teoritis tetapi juga mengacu pada permasalahan-permasalahan yang berkembang di masyarakat. Permasalahanan ini mencakup seluruh elemen yang ada yaitu Ekonomi, Politik, Budaya bahkan elemen keamanan.
Mencermati permasalahan yang ada di masyarakat tentunya tidak bisa dengan menggabungkan seluruh pengetahuan yang ada karena setiap ilmu memiliki disiplin dan teori yang berbeda-beda. Untuk itu ISD bertujuan untuk:
1. memahami dan menyadari permasalahan yang terjadi di masyarakat
2. Menyadari bahwa setiap permasalahan yang ada dalam masyarakat tidak berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan banyak disiplin pengetahuan ygn harus disikapi secara kritis.
Dua tujuan inilah yang memdakan ISD dengan Ilmu pengetahuan Sosial (IPS). Meski bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan berkecimpung dengan segi sosial masyarakat, pada dasarnya Ilmu Sosial Dasar lebih definitif dalam membedah permasalahan yang ada di masyarakat. Jadi, bisa dikatakan, Ilmu Sosial Dasar adalah kelanjutan dari Ilmu Pengetahuan Sosial yang sudah diperkenalkan sejak pendidikan dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar