Kamis, 29 April 2010

Multimedia

informasi telah memungkinkan untuk pertukaran informasi yang cepat dan akurat. Pertukaran informasi dapat dilakukan baik berupa teks, suara, gambar, video dan animasi. Ini berarti bahwa teknologi tersebut cukup efektif untuk pelaksanaan Distance Learning atau penyediaan materi keilmuan untuk kebutuhan E-learning, Virtual University dan E-Library seperti yang telah mulai banyak dikembangkan saat ini.

Multimedia merupakan suatu teknik baru dalam pengembangan aplikasi yang bertujuan untuk menarik minat pemakai melalui elemen-elemennya (teks, gambar, suara, video dan animasi) yang disajikan secara interaktif. Suatu aplikasi multimedia terdiri dari teks, gambar, suara, video dan animasi yang digabungkan dan disajikan secara interaktif dengan menggunakan pemrograman. Dalam proses pembuatannya, aplikasi multimedia sebaiknya dibuat oleh sebuah tim yang masing-masing anggotanya berkompeten dalam bidangnya, karena aplikasi multimedia tidak hanya mengandalkan pemrogramannya saja, tetapi juga mengandalkan unsur-unsur yang dapat memberi kenyamanan bagi pemakai seperti design interface, suara, animasi dan tentu saja interaktivitas.

Aplikasi multimedia selain yang bersifat interaktif, ada juga yang bersifat linier.Bila aplikasi bersifat linier, maka pemakai hanya dapat menyaksikan aplikasi tersebut tanpa harus terlibat, sama seperti menyaksikan suatu presentasi. Namun bila aplikasi bersifat interaktif, maka pemakai harus terlibat dalam pengoperasian aplikasi tersebut. Aplikasi multimedia yang interaktif membutuhkan kendali yang biasanya disebut Navigasi, agar pemakai dapat menjelajahi isi aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar